pengaruh SOPA dan PIPA bagi Wikipedia

SOPA dan PIPA itu sendiri adalah undang - undang yang dibuat oleh Amerika untuk melindungi berbagai hak cipta baik artikel,software,lagu,video klip , dan lain-lain yang ada pada website-website asing, namun mengapa hal ini dianggap mengganggu kebebasan dalam penggunaan internet ??






image source : 1stwebdesigner.com


bagi Wikipedia sendiri hal ini dapat menyakiti berbagai pihak karena pengaruh SOPA dan PIPA akan memberikan beban pada pemilik website pada peraturan hak cipta dalam pemberian isi untuk website mereka, dan pelanggaran dalam hal ini akan dapat memblokir seluruh website.
 

image source : slidetoplay.com

sementara bagi website kecil mereka tidak akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membela diri. Perusahaan media besar mungkin berusaha untuk memotong sumber-sumber pendanaan untuk pesaing asing mereka, bahkan jika hak cipta tidak dilanggar. Beberapa situs asing akan dicegah dari kemunculannya pada mesin pencari utama. Dan, sopa dan PIPA membangun kerangka kerja untuk pembatasan masa depan dan penindasan.

image source : nonagugel.com



Wikipedia akan terancam dalam banyak cara. Sebagai contoh, dalam bentuk yang sekarang, Sopa memerlukan Wikipedia untuk secara aktif memonitor setiap link situs yang menuju pada Wikipedia , untuk memastikan tidak melanggar pemilik konten. bagi Setiap link ke sebuah situs yang melanggar bisa menempatkan Wikipedia dalam bahaya karena akan dipaksa offline. Kepercayaan dan keterbukaan yang mendasari seluruh proyek Wikipedia akan terancam, dan yang baru ini, kebijakan yang membatasi akan membuat lebih sulit bagi Wikipedia menjadi terbuka untuk kontributor baru.

article source : Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Blogger Nusantara member


eXTReMe Tracker